ABU NAWAS ADZAN BIAR SOLAT BERJAMAAH JADI RAME

1

BEGINI CARA ABU NAWAS ADZAN BIAR SOLAT BERJAMAAH JADI RAME

Brebes.net – suatu sore ketika waktu menjelang asar Abu Nawas duduk santai di depan rumahambil meminum kopi panas buatan ist tercintanya lupa juga pisang goreng hangat untuk menemani si kopi panas tapi entah kenapa tiba-tiba hatinya tergelitik ingin mengumandangkan azan asar padahal biasanya Ia datang ke masjid ketika Azan sudah

 

dikumandangkan setelah pisang goreng dilahap kopi panas diseruput Abu Nawas berpamitan kepada istrinya untuk datang ke masjid dan ketika sudah sampai di Masjid Abu Nawas menguman dengan azan tak berapa lama salat berjamaah pun dilaksanakan ketika selesai salat Abu Nawas baru tersadar ternyata sedikit sekali orang yang ikut salat berjamaah di Masjid padahal ketika dalam perjalanan ia ke masjid ia menjumpai banyak orang yang sedang

berkumpul mereka saling ngobrol dan bercanda tapi tak nampak ketika waktu salat berjamaah ke mana mereka Kenapa tak ikut salat berjamaah di Masjid itu yang menjadi pertanyaan dalam ha Abu namun Abu Nawas menoba untuk tetap berhusn Oh mungkinkaendengarar azuadi abu naaselai denganabisatnya abu naas pun berjalan pulang dan Ben saja Abu naas menjumpai orang-orang masih di tempat yang sama dengan obrolan asik Danes Abu Nawas datang ke masjid untuk mengumandangkan Azan tapi kali ini suara azannya ia keraskan lebih daripada yang

sebelumnya hingga ia yakin kalau suara azannya bisa didengar oleh orang-orang di sekitar dan setelah salat selesai Abu Nawas mencoba tengok kanan tengok kiri apa yang ia dapati orang-orang yang ikut salat berjamaah pun masih sama masih sedikit dan itu-itu aja orangnya hal tersebut lantas membebani pikiran si Sufi cerdik itu apa yang salah dengan mereka keesokan harinya Tak Biasa Abu Nawas duduk ngopi di depan rumah Jauh sebelum waktu salat asar ternyata ia memikirkan Bagaimana caranya orang-orang yang mendengarkan azan lantas terguga hatinya untuk ikut salat berjamaah di Masjid setelah berpikir lumayan lama dan kopi panas pun sudah menjadi dingin Abu Nawas menemukan sebuah cara yang simpel tapi ia yakin akan berhasil Ia pun segera berjalan untuk datang ke masjid dan masih sama dalam perjalanannya ke masjid ia bertemu lumayan banyak orang yang duduk-duduk nongkrong

ngobrol dengan canda tawanya mereka Sesampainya di masjid bukannya melepas sandalnya untuk masuk tapi Abu Nawas malah mengencangkan ikat sandalnya dan mencincingkan lengan bajunya Abu Nawas pun berlari sambil mengumandangkan azan dengan keras beberapa kali Abu Nawas melewati perkumpulan orang yang sedang asik ngobrol itu melihat tingkah laku Abu Nawas yang aneh mereka merasa khawatir ada sesuatu yang sedang menimpa tokoh sufi tersebut akhirnya Abu Nawas diberhentikan mereka dan kemudian ditanya he Tuan Abu Anda kenapa azan sambil berlari-lari begitu tanya mereka Oh gak apa-apa ah aku tuh cuma penasaran Seberapa jauh sih suara

azanku ini bisa terdengar karena kemarin-kemarin yang salat berjamaah di Masjid cuma dikit tapi alhamdulillah ya Nyampai sini juga masih terdengar suara azanku ucap Abu Nawas dengan nada menyindir orang-orang yang berkumpul di situ pun semuanya terdiam mereka menyadari akan kekeliruannya dan di waktu salat-salat berikutnya masjid hampir terasa sesak karena dipenuhi oleh para jemah untuk ibahat kisah selanjutnya dananyak sesu Dien yang teradi ent sesu itu menyenangkan kitaau sesu itu yang kita kitar sesuatu yang ak ter diing kita kitahad sesu itu membalikan keadaan kita semua sudah tahu jagonya Siapa lagi kalau bukan Abu Nawas sepertinya Abu Nawas selalu menang dalam setiap tantangan atau masalah-masalah yang ia hadapi bukan semata-mata karena masalahnya itu ringan tapi karena Abu Nawas cerdik dalam merespon masalah yang datang kepadanya seperti pada kisa kali ini

ABU NAWAS ADZAN

alih-alih marah karena dikatain dengan kata-kata kotor Abu Nawas malah menjadikan kata kot itu sebagai senjata untuk melawan Bali dan berikut kisah lengkapnya diawali ketika Abu jahil mendatangi warung tempat biasa kawan-kawan Abu Nawas nongkrong ia mengeluhkan masalah yang dialaminya yang sampai saat ini belum ada jalan keluarnya Kenapa tidak minta tolong abuawa saja dia kan cerdik dan pintar pasti ada solusi untuk permasalahanmu kata salah satu kawan Abu Nawa Justru itu tujuanku ke sini memang untuk menemuinya tapi kok dia belum datang juga ya Balas Abu jahil tunggu aja sebentar nanti dia juga pasti ke sini Timpal kawan lainnya dan benar tak Berapa lama datanglah Abu naw Nah itu dia orangnya udah datangah Wah ada yang menunggu kedatanganku ya tanya Abu Nawas Iya nih Abu Nawas tuh Abu jahil katanya lagi ada masalah barangkali kau bisa membantunya jawab mereka

apa Ben Abu jahil tanya Bu Nawas kepada jahil Iya buwas aku datang ke sini memang untuk minta bantuanmu jawabu Jah ohanya kembali Abu jahil Kemudian menceritakan permasalahan yang sedang dialaminya Baiklah Abu jahil Besok aku akan ke rumahmu Kalau hari ini Aduh maaf aku gak bisa ucap Abu Nawas mendengar itu seketika Abu jahil terlihat gembira karena ia yakin dengan bantuan Abu Nawas pasti masalahnya akan selesai Terima kasih Abu Nawas besok Aku tunggu di rumah ya balas Abu jahil dan singkat cerita pada keesokan harinya dengan penuh harapan Abu jahil menantikan kedatangan Abu Nawas akan tetapi sampai waktu menjelang siang Abu Nawas tak kunjung datang Abu jahil masih mencoba untuk bersabar tapi ketika waktu sudah menunjukkan sore dan

Abu Nawas masih belum juga datang hal ini membuat Abu jahil merasa geram gimana sih Abu Nawas Katanya mau ke sini sudah sore begini tapi belum datang juga akhirnya ia pun memutuskan untuk langsung mendatangi rumah Abu Nawas tapi Sesampainya di sana rumahnya terkunci rupanya Abu Nawas sedang pergi keluar hati Abu jahil pun semakin dongkol Karena ia merasa telah dibohongi oleh Abu Nawas dengan penuh kedongkolan ia menulis pada secari kertas dan menempelkannya di pintu rumah Abu Nawas tulisannya berbunyi orang bodoh Ia pun lalu meninggalkan rumah Abu Nawas dan pergi mendatangi warung tempat biasa kawan-kawan Abu Nawas nongkrong

kawan-kawan Abu Nawas ini yang sedang berkumpul bertanya kepada Abu jahil gimana Abu jahil apa sudah beres masalahmu Abu jahil pun menjawab Apanya yang beres Abu Nawas ingkar janji dia Samak tidak datang ke rumahku aku Ka dia sedang bersama kalian ujar Abu jahil enggak abu jahil justru dari pagi dia tidak ke sini kirain dia ke rumahmu jawab mereka ah emang dasar kurang ajar bikin emosi aja aku tempelin tulisan di rumahnya itu kata Abu jahil tulisan tulisan apa Abu jahil tanya mereka Abu jahil kemudian menjawab aku tulis orang bodoh Aku tempelin

Di Pintu rumahnya Waduh jangan begitu Abu jahil nanti kalau Abu Nawas marah gimana bisa aja kan karena dia lupa jahil kata kawan-kawan Abu Nawas Biarin biar mikir dia orang ditungguin malah pergi entah ke mana Jawab Abu jahil dengan Emosi tidak Berapa lama kemudian Abu Nawas punang teroh-gop Aduh Maa Abu Jah aku benbenupa dengan janji kita Tadi pagi aku itu Diang Baginda Raja jadinya aku buruburu ist aku ya Kang Kama inat J Abu Jahwa ya waktu aku pulang rumah aku ada di situ pun tertawa terpinggal-pinggal sementara Abu jahil langsung pergi dari situ dengan menahan rasa malu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *